PERKEMBANGAN PENGOLAHAN DATA

Posted on Updated on

PERKEMBANGAN PENGOLAHAN DATA

Sejak zaman purbakala manusia telah menemukan alat-alat untuk membantunya di dalam menghitung dan mengolah data. Ada tiga jenis alat tersebut.
1. Alat mekanis manual adalah alat mekanis sederhana dengan tenaga manusia.
2. Alat elektromekanis . Alat ini biasanya menggunakan tenaga motor elektris disamping menggunakan switch dan relay sebagaimana kita jumpai pada alat-alat rumah tangga.
3. Alat elektronis. Komputer saat ini

Dalam bab ini akan dibahas secara ringkas sejarah perkembangan alat pengolah data.

2.1 Masa-masa Suram (5000 SM – 1890 M)
Peralatan pengolahan data yang paling awal semuanya menggunakan peralatan mekanis-manual. Kita sebut zaman di mana mesin-mesin ini telah digunakan sebagi zaman suram ( dark ages) dari pengolahan data.

Abacus (5000 SM)
Alat ini mungkin dikembangkan di cina, dan merupakan sebuah bingkaidengan untaian manik-manik yang dirangkai pada kawat atau batang kayu

Tulang Napier (1617)
John Napier, seorang ahli matematika Scotlandia, memperkenalkan alat hitungnya dalam tahun dimana dia meninggal. “Tulang-tulang” napier itu adalah kumpulan sebelas batang dengan tanda bilangan pada masing-masingnya sedemikian sehingga dengan menempatkan batang tersebut secara berdampingan, suatu hasil kali dan hasil bagi dari bilangan yang besar dpat diperoleh. Napier dikenal sebagai penemu lagarima yang merupakan penuntun ditemukannya slide rule.

Slide Rule Oughred (pertenganhan tahun 1632)
Walaupun slide rule muncul dalam berbagai bentuk di Eropa selama abad ke-17, penemuannya (dan penemuan tanda x untuk perkalian) erat hubungnnya dengan ahli matematika Inggris yang bernama Wiliam Oughtred. Pada dasarnya slide rule terdiri dari du mistar yang dapat digerakan Yang diletakkan berdampingan. Masing-masing mistar diberi tanda sedemikian rupa sehingga jarak aktual dari ujung mistar sebanding dengan logaritma bilangan yang tercetak pada mistar tersebut.

Kalkulator Pascal (1642)
Pada umur 19, Blaise Pascal, ahli matematika Perancis telah menemukan mesin penambah yang pertama. Alat ini mencatat bilangan-bilangan dengan memutar-mutar roda gigi mulai dari satu sampai sepuluh langkah. Sebuah operan akan mengoperasikan roda gigi berikutnya (yang mempunyai digit lebih tinggi), jika roda gigi yang bersangkutan telah melampaui sepuluh unit. Odometer mobil adalah contoh sebuah alat yang masih menggunakan serangkaian roda gigi untuk menghitung data. Mesin pascal ini telah diperbaiki oleh seorang ahli filsafat dan matematika yang bernama Lebniz (1673) sehingga roda gigi tadi dapat juga melakukan perkalian dan pembagian.

Mesin Tenin Jacquard (1801)
Joseph Marie Jacquard, ahli tenun prancis telah menemukan mesin kartu punc yan pertama. Pola tenunan yang dibuat oleh mesin tenun tersebut ditentukan berdasarkan lubang-lubang yang ada di dalam kartu kontrol; yakni hanya benang-benang yang pengaitnya menemukan lubang dalam kartau saja yang masuk menjadi pola.

Mesin Pembeda Babage (1823)
Hanya sebagian dari mesin ini yang pernah dibangun. Mesin ini didasrkan pada prinsip bahwa, untuk rumus tertentu, perbedaan di antara suatu nilai adalah tetap. Sebuah mesin dari tipe ini kemudian telah diambil oleh perusahaan asuransi untuk mengitung tabel asuransi jiwa.

Mesin Analitis Babbage
Charles babbage melanjutkan/menyempurnakan mesin pembedanya dengan konsep yang ebih mendalam dan lebih umum (pertenganhan tahun 1833). Mesin ini tidak pernah terrealisir karena keterbatasan teknologi waktu, mengandung beberapa sifat seperti komputer yang ada sekarang, mempunyai kartu punch input, unit penyimpan, unit aritmatik, unit pencetak dan unit kontrol dengan menggunakan program sukuensial.

2.2 Masa Pertengahan (1890-1944)
Masa pertengahan dari pengolahan data dapat dikatakn telah mulai pada waktu Dr. Herman Hollerith, ahli statistik dari Biro Sensus Amerika Serikat, menyelesaikan sekumpulan mesin untuk membantu pengolahan hasil sensus tahun 1890. Dengan menggunakan kartu punc 3 x 5 inc untuk mencatat data. Dia menyususn sebuah kotak untuk melakukan sort dan memasukkan data secara manual dan kemudian menggunakakn mesin hitung elektromaknetik untuk menyususn data tersebut menjadi bentuk tabel. Sensus tahun 1890 telah diproses dengan waktu seperempat dari waktu yang diperlukan untuk sensus tahun 1880. Hollerith kemudian keluar dari Biro Sensus dan mendirikan serta menjuak sendiri mesin tabulasinya. Perusahaannya ini kemudian menjadi pelopor berdirinya perusahaan IBM. Penggantinya di biro Sensus, yakni Dr. James Powers juga keluar dari biro tersebut kemudian mendirikan perusahaah sendiri yang akhirnya menjadi Sperry Rand Corporation.
Dalam tahun 1908 Power mendapat hak paten untuk mesin punching 20 kolom. Dalam tahun yang sama Hollerith telah mengembangkan mesin sortir vertikal yang dapat memproses hampir 200 kartu per menitnya. Kemudian dalam tahun 1911, Hollerith mengembangkan mesin sortir horisontal yang mempunyai kecepatan proses hampir 275 kartu per menit.
Kecepatan dan kemampuan dari mesin punc kartu ini secara kontinu terus diperbaiki. Verfier telah ditemukan untuk memeriksa apakah data yang dimasukkan ke dalam kartu adalah data yang sudah benar. Collator ditemukan untuk menggabungkan beberapa kumpulan kartu yang teah disortir menjadi satu kumpulan tunggal yang tersort juga. Mesin Penghitung elektromagnetis yang dikembangkan dapat membaca kartu yang berisikan data alfatetis maupun data numeris, melakukan operasi aritmatika yang sederhana dan mencetak hasil proses.

2.3 Zaman Modern (sejak 1944)

Mark I (1944)
Inovasi utama, komputer pertama yang secara otomatis dapat melakukan serangkaian operasi aritmatik dan logik yang panjang. Mark I dibuat oleh IBM berdasarkan gagasan dari howard G. Aiken, seorang profesor matematika terapan pada Universitas Harvard. Mesin ini merupakan mesin elektromekanis.

Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Inovasi utama, menggunkan tabung hampa, menggunakan program yang tersimpan.
Komputer tabung hampa yang pertama dengan ukuran besar adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). Komputer ini diselesaikan dalam tahun 1946 oleh John Mauchly dan Presper Eckert dari Fakultas Teknik Elektro Universitas Pennsylvania. Komputer ini dapat melakukan selama satu hari apa yang oleh komputer sebelumnya telah dilakukan selama 30 hari. Dalam Tahun 1074 Eniac telah dipindahkan ke “ Aberdeen Proving Grounds” sebuah pusat riset pemerintah, dimana komputer tersebut terus digunakan hingga tahun 1955.
Dalam pertengahan tahun 1940, matematikawamn John von Neuman, bersama dengan H.H. Goldstine dan A. W. Burks, mengembangkan sebuah konsep mengenai program tersimpan (store program) yang mengendalikan operasi komputer, dikode dengan cara yang sama seperti data input, mula-mula disimpan di dalam komputer bersama-sama dengan data, dan kemudian program ini dilaksanakan secara otomatis. Komputer pertama yang menggunakan program tersimpan adalah Edsac( Electronic Delay Storge Automatic Computer), yang juga dibangun di Fakultas Teknik Elektro Universitas Pennsylvania dan diselesaikan dalam tahun 1952. Di dalam EDVAC, Program komputer dimasukkan ke dalam unit penyimpan data dengan menggunakan pita tape.
Dalam tahun 1946, Eckert dan Mauchli mementuk perusahaan mereka sendiri, miamna dalam tahun 1949 telah bergabung dengan divisi UNIVAC dari perusahaan Remington Rand. Dalam tahun 1951, UNIVAC I telah dapat dioperasikan di biro-biro sensus. Komputer ini memeriksa sendiri dan menggunakan tape magnetik utuk data input dan output.

About these ads

2 thoughts on “PERKEMBANGAN PENGOLAHAN DATA

    wawanlys responded:
    Juni 10, 2013 pukul 10:01 pm

    Reblogged this on Wawan Laksito.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s