SISTEM

Posted on Updated on

  Apa Itu Sistem ???

  Suatu Kesatuan yang terdiri dari dua atau lebih komponen atau sub sistem     yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan.

Pengertian Sistem Menurut:

  • JOHN M. ECHOLS DAN HASSAN SHADILY dalam kamus inggris-indonesia-nya, ”sIstem” diartikan sebagai susunan.seperti misalnya yang terdapat dalam kata sistem syaraf berarti susunan syaraf,sistem jaringan berarti susunan jaringan dsb.
  • M.J Alexander dalam buku Information System Analysis : Teory and Application, system merupakan suatu group dari elemen – elemen baik berbentuk fisik maupun non – fisik ang menunjukkan suatu kumpulan saling berhubungan diantaranya dan berinteraksi bersama – sama menuju satu atau lebih tujuan,sasaran  atau akhir dari sebuah sistem.
MODEL UMUM SISTEM

Model Sistem
Model Sistem

Komponen Input

Komponen input adalah bagian dari sistem yang bertugas untuk menerima data masukan, data masukan ini digunakan sebagai komponen penggerak atau pemberi tenaga dimana sistem ini dioperasikan, komponen penggerak ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu:

  1. Maintenance input

Maintenance input merupakan energi yang dimasukkan supaya sistem dapat beroperasi.sebagai                contoh dalam suatu sistem pengambilan keputusan, maka maintenance inputnya adalah team                    manajemen yang merupakan personil utama pengambil keputusan (decision maker)

  1. Signal input

Signal input adalah energi yang diproses untuk didapatkan keluaran. Dalam sistem pengambilan                keputusan tersebut, maka signal inputnya adalah informasi yang menunjang kemudahan                            pengambilan keputusan tersebut (decision support system)

Komponen  Proses

Komponen proses merupakan komponen dalam sistem yang melakukan pengolahan input untuk mendapatkan hasil atau tujuan yang diinginkan, di dalam suatu proses,terjadi berbagai kegiatan seperti klasifikasi, peringkasan, pencarian dat, organisasi data dan lain sebagainya, begitu kompleksnya sebuah proses, maka pada tahap ini diperlukan terjadinya suatu integrasi yang baik antar subsistem secara vertical maupun secara horizontal agar proses interaksi untuk mencapai tujuan dapat berjalan lancar. Sebagai contoh, sistem pengambilan keputusan pembelian barang yang dilakukan oleh seorang kepala bagian pengadaan di suatu perusahaan dagang, harus melibatkan semua subsistem yang terkait seperti kepala gudang, bagian keuangan, bagian inventory dan lain – lain.

Komponen Output

Komponen output merupakan komponen hasil pengoperasian dari suatu sistem. Sistem pengambilan keputusan seorang kepala bagian pengadaan, menghasilkan keputusan dibeli atau tidaknya suatu barang, kemudian menentukan siapa yang akan membeli , jumlah pembelian, tempat atau lokasi pembelian dan sebagainya.

Komponen Tujuan

Terdapatnya suatu tujuan yang jelas akan memberikan arah yang jelas pula dalam proses sistem.komponen tujuan merupakan sasaran yang ingin dicapai oleh berjalannya sebuah sistem. Tujuan ini bias berupa tujuan usaha, kebutuhan sistem, pemecahan suatu masalah dan sebagainya.

Komponen Kendala

Komponen kendala merupakan komponen yang berisikan aturan atau batas – batas yang berlaku atas tujuan tersebut. Pendefinisian kendala yang jelas, akan membuat tujuan menjadi lebih bermanfaat. Dengan adanya kendala atau batas – batas yang jelas, maka akan mampu mengidentifikasikan apa yang harus diantisipasikan dalam mencapaitujuan sistem.

Komponen Kontrol

Komponen control merupakan komponen pengawas dari pelaksanaan proses pencapaian tujuan. Control disini dapat berupa control pemasukkan input, control pengeluaran data, control pengoperasian dan lain – lain.

 Komponen Umpan Balik

Komponen umpan balik merupakan komponen yang memberikan respon atas berjalannya suatu sistem. Komponen ini dapat berupa kegiatan seperti perbaikan atau pemeliharaan sistem.

KARAKTERISTIK  SISTEM

Karakteristik Sistem
  • Subbsistem

Adalah unsur – unsur yang membangun terbentuknya sebuah sistem yang satu dengan sistem yang lain saling terkait dan setiap subsistem mempunyai tugas masing – masing.

  • Boundary

Adalah batas aktivitas atau batas gerak aktivitas pada sebuah sisten atau subsistem

  • Interface

Adalah penghubung antar subsistem dalam rangka transformasi

  • Environment

             Adalah lingkungan di luar sistem yang berpengaruh terhadap gerak sistem dalam mencapai                         tujuan

Bentuk environment, ada 2 macam :   Sistem  dan Non Sistem
Sifat environment, ada 2 macam : Langsung dan Tak Langsung
Jangka environment, ada 2 macam :  Tetap dan Sementara
Efek environment, ada 2 macam :  Mendukung dan Merugikan
  • Input

Adalah masukan energi atau sesuatu yang siap untuk dikelola (proses), melalui : menangkap (capture)  dan menerima (entry)

  • Proses

Adalah aktivitas untuk mengolah sesuatu / energi untuk dimodel menjadi sesuatu yang mempunyai nilai manfaat.

  • Output

Adalah hasil olahan sesuatu / energi yang mempunyai nilai manfaat.

  • Goal

Adalah sesuatu yang ingin diraih untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan dari sebuah sistem

  • Objective

Adalah sesuatu yang ingin diraih untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan dari sebuah subsistem

KLASIFIKASI SISTEM

Klasifikasi sistem dapat dilihat dalam beberapa tinjauan, diantaranya :

  • Berdasarkan Wujud Fisik (Bentuk), dibedakan
    • Non physical  adalah suatu sistem yang secara fisik tidak ada tapi terjadi, contoh: sistem teologi.
    • Physical adalah suatu sistem yang secara fisik ada, contoh: sistem komputer
  • Berdasarkan Kejadian, dibedakan
    • Natural (alami) adalah sistem yang terjadi karena proses alam dan tidak terdapat proses campur tangan manusia, contoh: sistem rotasi bumi, sistem tata surya
    • Human mode (buatan manusia) adalah sistem yang terjadi karena adanya suatu proses campur tangan manusia, contoh: sistem pengendalian banjir, sistem tata kota
  • Berdasarkan Sifat, dibedakan
    • Deterministic adalah sebuah sistem yang beroperasi dalam cara yang dapat diramalkan secara tepat serta interaksi antar bagian – bagian dapat diketahui secara pasti, contoh: sistem program computer, sistem audio visual
    • Probabilistic adalah suatu sistem yang diuraikan dalam istilah perilaku yang mungkin, tetapi selalu ada sedikit kesalahan atas ramalan terhadap jalannya system, contoh: sistem pemilihan presiden, sistem persediaan barang.
  • Berdasarkan Metode, dibedakan
    • Closed ( tertutup) adalah sistem yang tidak bertukar materi, informasi, atau energi dengan lingkungannya, contoh: sebuah reaksi kimia di dalam sebuah tabung berisolasi dan tertutup.
    • Open ( terbuka ) adalah sistem yang selalu berhubungan dengan lingkungan luarnya untuk melakukan proses dalam mendapatkan output, contoh: sistem biologis, sistem keorganisasian
Download slide : SIM-1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s