Proposal Penelitian

Posted on

Proposal merupakan suatu rencana kerja tertulis yang disusun secara sistematis. Sebelum melakukan penelitian, hendaknya penulis membuat proposal. Dengan membuat proposal penelitian pembaca akan mendapat gambaran awal dari penelitian atau tulisan karya ilmiah yang akan dibuat. Proposal tersebut dapat menjelaskan tentang kegiatan yang menghasilkan rancangan atau produk yang dapat dipakai untuk memecahkan masalah-masalah aktual yang disebut Proposal Penelitian Pengembangan.

Selain itu proposal juga sebagai telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan atau disebut Proposal Penelitian Kajian Pustaka.  Proposal juga digunakan dalam penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif.

Usulan penelitian yang sering disebut Project Statement atau Research Proposal merupakan rencana penelitian mahasiswa yang hasilnya disusun dalam bentuk skripsi sebagai tugas akhir mahasiswa sebelum memperoleh gelar kesarjanaan (S-1) di Perguruan Tinggi.

Proposal adalah garis besar (outline) yang menjelaskan 5 tentang siapa (who), apa (what) mengapa (why), bagaimana (how), dimana (where), kapan (when), dan untuk siapa (for whom), penelitian tersebut akan dilaksanakan.

Sistimatika Proposal Penelitian

  • Halaman Persetujuan
  • Halaman Judul

I. Judul Proposal

II. Latar Belakang

III. Rumusan Masalah

IV. Batasan/Cakupan Masalah

V. Tujuan Penelitian

VI. Manfaat Penelitian

VII. Metoda Penelitian

VIII. Landasan Teori / Tinjauan Pustaka

IX. Kerangka Pikir

X. Waktu Pelaksanaan

  • Daftar Pustaka

Download Materi : 5-Proposal TA-Skripsi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s